Benchmarking Lembaga Penjaminan Mutu adalah proses perbandingan dan evaluasi standar, praktik baik , dan kinerja lembaga penjaminan mutu di suatu institusi (seperti universitas) dengan lembaga serupa yang diakui memiliki praktik terbaik atau kinerja unggul. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan dan sistem penjaminan mutu melalui penerapan metode, proses, atau strategi yang terbukti berhasil di institusi lain. Manfaat dalam peningkatan efisiensi dan efektivitas adalah membantu lembaga dalam mengoptimalkan proses serta sumber daya untuk mencapai hasil yang lebih baik, tersedianya referensi untuk menyelaraskan proses penjaminan mutu dengan standar Nasional atau Internasional, meningkatkan daya saing lembaga dengan menerapkan praktik terbaik yang diadopsi dari institusi lain serta meningkatkan Akreditasi dan Reputasi yaitu meningkatkan status akreditasi dan reputasi universitas melalui peningkatan mutu berkelanjutan.
Benchmarking dapat memperkuat hubungan dan kolaborasi dengan lembaga lain dalam rangka pertukaran pengetahuan dan praktik terbaik yang mencakup pengumpulan data, analisis, dan penerapan praktik terbaik untuk memperbaiki kebijakan, prosedur, dan hasil penjaminan mutu.
Dengan demikian, kegiatan benchmarking menjadi alat penting bagi Lembaga Penjaminan Mutu UB untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi.
Download Laporan Kegiatan Benchmarking LPM UB :